Cara Menahan Lapar Secara Efektif dan Sehat

Ada dua sebab kenapa orang menahan lapar, yang pertama adalah karena memang sedang tidak memiliki uang untuk membeli makan dan kedua dikarenakan malas untuk makan, mungkin karena makanan yang tersedia tidak enak atau malas keluar rumah untuk membeli makan. Persamaannya, keduanya sama-sama lapar.

Menahan lapar baik yang coba-coba menahan lapar maupun yang sudah terbiasa menahan lapar tetap saja ada rasa tidak enak atau sakit di daerah sekitar ulu hati, kalau kita tengok itu pasti lambung kita yang sakit.

Sebelumnya, dalam berbagi pengalaman ini saya bukan mau menyarankan siapa saja yang membaca untuk menahan lapar, tetapi lebih kepada cara menahan lapar secara efektif dan sehat. Makan itu hal substansial utama dalam hidup loh, jadi harus dijaga betul.

 

Gosok Gigi Dapat Menahan Lapar
Paling sering saya lakukan di pagi hari adalah menggosok gigi. Sebelumnya, tidak saya sadari bahwa menggosok gigi dapat mengurangi rasa lapar sekaligus sakit karena lapar.

Pertama-tama saya begitu saja menggosok gigi tanpa menghiraukan apa pun. Namun, pada suatu saat saya temukan kok kalau menggosok gigi jadi tidak nafsu makan alias mulut menjadi segar.

Selama ini pasta gigi yang saya gunakan mengandung efek segar mungkin mint. Belakangan ini, setiap bangun pagi saya tidak langsung mandi, tetapi bermain komputer terlebih dahulu mandinya tiga jam kemudian. Di sela-sela itu saya merasakan lapar yang sangat amat, saya pun menguatkan niat untuk mandi dan keluar membeli makan. Namun apa yang terjadi? Setelah mandi rasa lapar dan rasa sakit yang ditimbulkan berkurang drastis.

Setelah itu saya malah bermain komputer lagi selama kurang lebih 1-2 jam setelah itu barulah terasa lapar lagi. Pada saat itulah saya langsung mencari makan, masa iya gosok gigi lagi.

* Saya pernah coba mandi dulu, gosok gigi belakangan dan ternyata saya tetap merasa lapar. Dari sinilah saya mengambil kesimpulan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi yang ada efek segar (mint) dapat menahan lapar sejenak. Sepengalaman saya, tidak ada masalah kesehatan yang ditimbulkan dari praktek ini.

Minum Pengurang Rasa Lapar
Setelah mandi dan gosok gigi saya pun mengkombinasikan strategi menahan lapar dengan minum air, air matang ya:!: Air minum yang tidak dingin dan tidak panas, yang sedang-sedang saja, diterima lambung dan tenggorokan saya dengan rasa yang segar. Seperti ada efek dingin. Terasa sekali kalau ada air lewat di tenggorokan dan masuk ke lambung.

Tidak seefektif menggosok gigi, dengan minum air putih paling saya hanya bertahan lapar selama 15-30 menit, setelah itu harus mimun air lagi kalau ingin menahan lapar kembali.

Kalau minum minuman yang ada serealnya bisa bertahan sampai 2-3 jam, tetapi tetap saja kalau tiap hari seperti ini tidak bagus untuk kesehatan, nanti jadi lemas karena kurangnya asupan karbohidrat dan protein.

Menahan lapar boleh saja tapi jangan tiap hari. Usahakanlah makan ketika lapar, jangan ditunda-tunda sampai 5 jam, karena dapat memberikan efek pusing, lemas, dan berkunang-kunang. Demikianlah cara menahan lapar dan tips menahan lapar dari saya.

Hidup dengan sehat adalah prioritas

About raadit

baik hati ....
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s