sumber masalah

BERLAKU KIKIR
Penjelasan: Semakin banyak kita menanam kebaikan dan memberi, akan semakin banyak pula kebaikan yg akan kita tuai. Sebaliknya, jika kita berlaku kikir [tidak mau bersedekah, berinfaq, mengeluarkan zakat], Allah akan mencabut sebagian harta-Nya dan menggantinya dengan kesusahan  (QS.Ali Imran [3]:180)

BERJUDI
Penjelasan: Judi hanya akan membuat kita lupa bergantung pada Allah, malas u/berusaha&kerja keras, rezeki menjadi seret, uang habis tak bersisa, hutang menumpuk, rumah tangga hancur. Tapi bagaimana jika kita terus menang!?  selamanya harta tsb tidak akan menjadi berkah dan mengundang datangnya adzab Allah (QS.Al Baqarah [2]:219)

MENGGUNJING (GHIBAH)
Penjelasan: Suka bergosip&membicarakan keburukan seseorang!? Gemar mengolok-olok seseorang dgn panggilan yg tidak sepatutnya!?  Sepele tampaknya, tpi sebaiknya berhati-hati, karena sikap tsb akan menutup pintu-pintu pertolongan Allah. Pahala kita selama ini akan “tersedot” untuk org yg kita aniaya/gunjing tsb. Dan apabila kita tidak punya amal kebaikan, dosa-dosa org yg kita aniaya/gunjing akan kita tanggung!!  (QS.Al Hujurat [49]:12, HR Bukhari dan Muslim)

MEMUTUSKAN SILATURAHMI
Penjelasan: Orang yg memutuskan silaturahmi sama halnya dengan memutuskan dirinya dari kasih sayang, rahmat Allah. “Tidak akan masuk surga orang yg memutuskan silaturahmi”  (HR Bukhari dan Muslim)
MEMAKAN HARTA HARAM
Penjelasan: Mendapatkan harta hasil dari Korupsi? Mencuri? Penggelapan? Penipuan?  Hal tsb turut menghancurkan hidup kita, harta menjadi tidak berkah, keluarga akan terkena dampaknya. Dan jika kita, istri, anak, keluarga memakan/menikmati harta haram tsb, tidak akan diterima amal-amalnya selama empat puluh hari!  (HR At-Thabrani)

MENGKONSUMSI KHAMR [SEGALA YG MEMABUKKAN]
Penjelasan: Mabuk!? Enak y!?  Tapi berawal dari mabuklah, Pembunuhan, Perselisihan/Permusuhan, Pemerkosaan, Pelecehan Seksual, dan perilaku amoral lainnya dapat terjadi!!  (QS.Al Ma’idah [5]:90-91)

BERZINA
Penjelasan: Gemar ML, Free Sex dan berzina? Mengumbar hawa nafsu&syahwat? Berbuat mesum dgn yg bukan muhrimnya!? Selamat, anda akan selalu dikalungi kesusahan dan dilipatgandakan adzab serta kehinaan!  (QS.Al Furqan [25]:68, HR Bukhari dan Muslim)

MELALAIKAN SHALAT [IBADAH]
Penjelasan: U/ orang yg melalaikan Shalatnya, Allah akan mencabut berkah dari usia dan rizkinya, amalnya tidak mendatangkan pahala, akan mati dalam kedaan terhina, dan tidak akan diampuni dosa-dosanya. Serem bgt kan!?  (QS.Al Ma’un [107]:4-7)

DURHAKA KEPADA ORANG TUA
Penjelasan: Satu-satunya dosa yg dijanjikan akan mendatangkan kesialan hidup, kegagalan, bencana adalah dosa (durhaka) kepada orang tua (HR Al-Hakim). Mari kita selalu doakan Ayah-Ibu kita dan segeralah memohon maaf bila selama ini kita telah berbuat salah dan mengecewakannya.

MENYEKUTUKAN ALLAH [SYIRIK]
Penjelasan: Main dukun, Pemujaan Jin, Pesugihan, Penglarisan, Pelet, Santet, dsb dapat digolongkan sebagai dosa syirik, yakni dosa dan bentuk kezaliman terbesar dalam Islam. Dosa syirik tidak akan bisa ditebus dengan apapun selain dgn bertaubat dgn sebenar-benarnya taubat (taubatan nasuha)  (QS.Luqman [31]:13)


About raadit

baik hati ....
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s